Lewat Zakat ASN Bantu Bedah Rumah Warga - PT Berantas Sumsel Media

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 11 Desember 2020

Lewat Zakat ASN Bantu Bedah Rumah Warga



PALEMBANG, BS.ID - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan terus berupaya memaksimalkan pemanfaatan dana zakat pegawai yang disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk menjalankan program Bedah Rumah membantu masyarakat miskin.


Wakil Walikota (Wako) Palembang Fitrianti Agustinda diwakili Lurah Karang Jaya Muammar Al Hafiz mengatakan, dana zakat akan dimanfaatkan lebih maksimal untuk membantu memperbaiki rumah masyarakat miskin melalui program bedah rumah yang telah berjalan dengan baik dalam beberapa tahun terakhir, Jumat (11/12/2020).


Dijelaskannya, program bedah rumah dengan dana APBD dan dukungan pusat serta bantuan dari berbagai pihak termasuk baznas diharapkan bisa semakin banyak masyarakat miskin yang dibantu menjadikan rumahnya sebagai tempat tinggal yang layak huni.

"Program bedah rumah selain bermanfaat untuk membantu perbaikan rumah warga miskin, juga bisa mendukung program penataan daerah," katanya.


Program bedah rumah pada tahun depan diupayakan berjalan lebih baik lagi dengan menyesuaikan bantuan dari berbagai pihak, dan dana zakat yang dihimpun Baznas Palembang.


Kegiatan perbaikan rumah warga miskin itu secara bertahap dilakukan di sejumlah daerah yang terdapat banyak kawasan kumuh sehingga kedepan diharapkan tidak ada lagi daerah kumuh.


Sementara sebelumnya Ketua Baznas Kota Palembang, Sumatera Selaan Drs, H Saim Marhadan diwakili Pelaksana Lapangan Andi Gustiaji menjelaskan bahwa pada 2020 ini pihaknya kembali mengalokasikan dana untuk membantu masyarakat miskin memperbaiki atau membedah rumah warga yang miskin.

“Kami berupaya mengalokasikan dana ratusan juta rupiah yang dihimpun dari zakat PNS/ASN dan masyarakat umum untuk membeli bahan bangunan program bedah rumah,” ujarnya.


Untuk mengalokasikan dana bantuan program bedah rumah, pihaknya berupaya menghimpun dana zakat dari masyarakat dan pegawai di lingkungan Pemkot Palembang yang lebih banyak.


Dengan masuknya dana yang lebih banyak, program bedah rumah dapat dilaksanakan dengan sasaran masyarakat miskin.


Andi berharap program ini bisa dilakukan secara kontinyu. Tentu program ini tak bisa terselenggara tanpa adanya masyarakat yang bersedekah, zakat, maupun infak.

“Mudah-mudahan rezeki yang telah diberikan menjadi pensuci atas seluruh harta. Sekaligus menjadi penyehat badan dan pelindung dimusim pandemi ini," kata dia. 

”Karena itu, pemkot bersama Baznas merasa peduli untuk bedah rumah milik Ahmad Fauzi warga Jalan PS Ing Kenayan RT 17, RW 06 dekat dengan Kantor Media online Kliksumatera.com samping Masjid Al-Soleh Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Gandus. Bahkan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap warga yang rumahnya tidak layak huni," imbuhnya seraya menyebutkan bantuan stimulan untuk membangun rumah mereka dari baznas. (Bakron)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here