Presiden Umumkan 6 Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 22 Desember 2020

Presiden Umumkan 6 Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju


JAKARTA, BS.ID - Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju makin kencang. Pihak istana memastikan Presiden Jokowi bakal mengumumkan sejumlah nama menteri baru hari ini.


Sejak satu bulan belakangan isu reshuffle ini sudah muncul ke permukaan. Terlebih dengan adanya dua menteri Jokowi yang tersangkut kasus korupsi. Pos menteri yang dipastikan kosong saat ini, yakni Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia.


Posisi kursi menteri itu saat ini diisi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Menteri Sosial Ad Interim, menggantikan Juliari Batubara.


Sementara kusri Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia diisi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim.


Untuk posisi Yasin Limpo ini, sebelumnya dijabat oleh Luhut Binsar Pandjaitan. Namun karena Luhut sempat dinas ke luar negeri, maka Yasin Limpolah yang mengisi sementara kursi Menteri KP Edhy Prabowo terjerat dugaan kasus korupsi ekspor benih lobster.


Dimana balik ke soal isu reshuffle. Ketua DPP PKB Faisol Riza mendengar kabar akan ada sekitar 6 posisi yang akan di-reshuffle oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Menurut Faisol Riza, Presiden Jokowi akan menambah kalangan anak muda dikabinetnya. Selain itu, ia mengatakan akan ada penambahan kursi wakil menteri atau wamen.

“Tapi mungkin bisa lebih,” ujar Faisol Riza kepada wartawan, Senin (21/12/2020), kemarin.

“Akan masuk orang-orang muda yang menambah dinamisnya kabinet. Plus lainnya beberapa wamen juga akan ada tambahan,” sambungnya.


 Ketua Komisi VI DPR RI itu menyebut posisi Mensos dan Menteri KP yang saat ini masih kosong akan segera terisi. Kemudian, kata Faisol, 2 kursi menteri terkait percepatan vaksinasi dan pemulihan ekonomi berpotensi diganti Jokowi.


Berdasarkan isu yang berembus, enam kementerian yang kabarnya akan dievaluasi, yaitu Kemenkes, Kemenparekraf, Kemensos, Kemendag, Kemenag, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.


Isu santer, Sandiaga Uno masuk bursa calon Menparekraf, sedangkan Tri Rismaharini (Risma) konon bakal menjadi Mensos pengganti Juliari Batubara yang kena OTT KPK. Sementara itu, M Luthfi, yang kini menjadi Dubes RI di AS, masuk bursa calon Menteri Perdagangan, yang kini diisi politikus PKB Agus Suparmanto.


 Untuk bursa calon Menteri Agama, masuk nama Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf dan terakhir nama Wahyu Sakti Trenggono dikabarkan akan mengisi kekosongan kursi Menteri KKP, yang ditinggalkan Edhy Prabowo yang kena OTT KPK. (BKR)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here