Gencar Adakan Persiapan Lomba Proklim - PT Berantas Sumsel Media

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 28 Januari 2021

Gencar Adakan Persiapan Lomba Proklim


// Kelurahan GIB Wakili Prabumulih ke Tingkat Nasional


PRABUMULIH, BS.ID - Dalam waktu dekat Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB), Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan bakal mengikuti lomba program kampung iklim (proklim) ke tingkat nasional.


Meskipun pihak Kelurahan Gunung Ibul Barat belum mengetahui secara jelas terkait jadwal dan waktu pelaksanaan perlombaan tersebut, yang mana hal ini baru kali pertama diikuti kelurahan. Namun, justru malah sebaliknya hingga sejauh ini pihak kelurahan sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai persiapan.

"Alhamdulillah, tahun ini kelurahan kita dipilih Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Prabumulih dalam mengikuti lomba program kampung iklim ke tingkat nasional nanti," ujar Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto, AMd, ketika dibincangi media ini, Kamis (28/1/2021) di kantornya.


Menurutnya, sejumlah persiapan yang dilakukan pihaknya dimana lokasi tersebut berpusat di Rukun Warga (RW) 03 terdiri dari 5 RT. Seperti, yakni pemanfaatan lahan sejak dulu hasil inovasi selama ini. Lalu, kampung toga, budidaya ikan, kelompok wanita tani (KWT), pohon cinta, sumber mata air di RW 3, perbaikan jamban rumah warga sekitar, dan terakhir hasil pengelolaan kelompok wanita tani itu sendiri.

"Nah, selain Perusahaan Air Mineral Winro Prabumulih, Rumah Sakit Ar-Bunda dan PT Samtan Gas yang menyuport lomba ini, yang dananya bersumber dari CSR mereka. Dan juga termasuk pula tak kalah penting diharapkan dukungan dari masyarakat, khususnya kelurahan kita ini buat bersatu padu ikut serta demi menyukseskan perlombaan kelurahan kita semacam ini ke tingkat nasional ini," tambah pria yang gemar bermusik dan organisasi tersebut.


Menang atau kalah bukan tujuan utama dari pihaknya, lanjut pria akrab disapa Arif Arnik, tetapi terlebih dampak dari hasil perlombaan itu nanti bagaimana wilayah dibawah pimpinannya dapat tertata rapi serta tertib lingkungan.

"Apalagi hasil dari program kampung iklim itu sendiri dapat menambah nilai ekonomis bagi setiap keluarga kelompok kita," terangnya suami dari Hana Monica.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Prabumulih, Ir, Dwi Koryana tak menampik Kelurahan Gunung Ibul Barat terpilih berdasarkan kreteria guna mengikuti Lomba Program Kampung Iklim Tahun 2020 diajang nasional mewakili desa/kelurahan yang ada di kota nanas tercinta ini.

"Mumpung lagi ada yang menyuport baik itu perusahaan, warga dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Prabumulih ikut terlibat dalam kegiatan ini. Marilah kita bersama-sama menyukseskan program itu," pesan wanita tersebut dikonfirmasi terpisah.

"Kalau tak ada arang melintang lomba tersebut akan dilakukan sekitar Juli atau Agustus mendatang," tutupnya seraya menyebutkan karena wabah Virus Corona Disease (Covid-19) perlombaan tahun lalu tersebut baru dapat dilaksanakan pemerintah ditahun ini. (Alition)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here