Warga Gunung Ibul Tak Miliki TPS - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 22 Januari 2021

Warga Gunung Ibul Tak Miliki TPS


PRABUMULIH, BS.ID - Sejak pemilik lahan melarang keberadaan kontainer sampah atau tempat pembuangan sampah didepan Rumah Duka Jalan Padat Karya, Kelurahan Gunung Ibul (GI), Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, hingga kini kelurahan tersebut belum memiliki TPS warga setempat.

"Sampai sekarang kita terus berusaha mencari TPS di kelurahan itu," ujar Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkrim) Kota Prabumulih, Bustomi SE, ketika dibincangi media ini, Jumat (22/1/2021) di kantornya.


Menurutnya, sejauh ini memang ada usulan TPS warga di kelurahan tersebut. Namun, keberadaannya dinilai cukup jauh dari jalan utama atau as jalan. Dimana tempatnya disekitaran Makam Puyang Gunung Ibul.

"Selain itu harganya cukup mahal dijual sang pemilik lahan Rp 150 juta. Padahal kita cuma butuh 20 meter persegi saja," kata pria mantan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) tersebut seraya menyebutkan hal ini sudah dilaporkan pihaknya kepada orang nomor satu di kota ini.


Adapun upaya yang dilakukan pihaknya agar kedepan masyarakat dapat mempunyai khusus tempat pembuangan sampah seperti diharapkan bersama itu.

"Itu hal kita serahkan kepada pihak Kelurahan Gunung Ibul untuk mencari lahan kosong TPS. Kan, di Jalan Padat Karya itu ada yang namanya jalan pertamina. Nah, coba saja kelurahan koordinasi dengan pihak mereka (pertamina, red) kita mungkin ada solusi jalan keluarnya," tambahnya.


Sementara itu, Lurah Gunung Ibul, yakni Sarutama SE, dikonfirmasi terpisah tak menampik kalau pihak kelurahannya kesulitan terkait dalam mencari lahan kosong TPS asal 63 Rukun Tetangga dan 9 Rukun Warga (RW)-nya ini.

"Upaya kami selama ini sudah maksimal soal mencari lokasi pembuangan sampah rumah tangga masyarakat, tetapi harapan itu belum juga menemukan titik terangnya," aku lelaki mantan Lurah Sukajadi Kota Prabumulih.


Kendatian demikian, lanjut dia, pihaknya tak cukup sampai disitu saja. Yang dimana hasil rapat dengan pihak kelurahan berada dibawah pimpinannya untuk sementara waktu lokasi TPS di kelurahan ini berada di daerah pasar kalangan.

"Nanti kontainer sampah ditarokkan disekitar kalangan Gunung Ibul kita. Mudah-mudahan dalam waktu dekat wacana ini bakal kami jalani," tuturnya. (Alition)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here