Kualitas Wartawan Dilihat dari Tulisan Berita - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 25 Februari 2021

Kualitas Wartawan Dilihat dari Tulisan Berita


PRABUMULIH, BS.ID - Ketua PWI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Firdaus Komar, SPd, MSi mengibaratkan insan pers seperti emas. Namun kadarnya ditentukan oleh profesionalisme dan kualitas tulisan wartawan itu sendiri.

“Emas kan ada yang 24 karat, itu artinya wartawan tersebut sudah profesional dan berkualitas. Ada juga kadarnya 22 karat, artinya sudah berkualitas namun belum profesional dan ada lagi yang emas suasa hanya seperti wartawan namun bukan wartawan,” ujar Firdaus saat membuka acara Orientasi Wartawan Kelas Muda dan Biasa di aula Gedung Kesenian Rumah Rumah Dinas (Rumdin) Walikota Prabumulih, Kamis, (25/02/2021).


Ia menambahkan, orientasi kali ini tidak lupa mengingatkan seluruh wartawan yang hadir untuk terus meningkatkan kemampuan diri menghadapi era globalisasi perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat. “Platform media sosial yang tumbuh subur bak jamur di musim hujan terkadang lebih cepat menyajikan informasi. Selain itu lembaga pemerintahan baik swasta dan masyarakat saat ini rata-rata memiliki akun media sosial yang dijadikan sebagai saran media interaktif dan mulai meninggalkan media cetak dan elektronik. Ini tentu saja menjadi tantangan berat yang dihadapi kawan-kawan dilapangan dalam mencari berita," ujarnya.


Firkom sapaan akrabnya, wartawan profesional tidak pernah khawatir dengan berbagai tantangan dilapangan. 

“Wartawan profesional itu tahu dimana peluang pemberitaan yang menarik minat pembaca dan menangkap angel yang bagus agar tidak sama dengan yang disajikan oleh akun media sosial lembaga pemerintahan," imbuhnya.


Dimana, sebanyak 28 peserta jurnalis yang bertugas di Kota Prabumulih tampak antusias mengikuti orientasi yang dibuka langsung oleh Walikota Prabumulih dalam hal ini diwakili assisten l, Drs Aris Priadi SH, MSi.


Ketua PWI Kota Prabumulih Mulwadi mengatakan kalau kegiatan ini yang diikuti sebanyak 28 peserta ini dilaksanakan selain untuk merekrut anggota baru dan peningkatan anggota dari muda ke anggota biasa yang juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional ke-75 yang jatuh pada 9 Februari 2021 lalu.

”Selain perekrutan dan peningkatan anggota, orientasi ini diadakan sebagai bentuk peringatan HPN. Kami berharap melalui peringatan HPN dan orientasi ini, kedepan wartawan yang ada di Kota Prabumulih bisa makin profesional dalam melakukan tugasnya menyajikan berita,” ujar Mulwadi.


Peringatan HPN dan pembukaan orientasi ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Walikota Prabumulih Ir, H Ridho Yahya MM yang dalam hal ini diwakili Assisten l, Drs Aris Priadi SH, MSi.

”Pesan Walikota Prabumulih semoga setelah mengikuti orientasi ini, wartawan bisa makin profesional dan berkualitas," tambah pria tersebut. (Tion)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here