Pasien Asap Ngempul Dievakuasi ke Polres Muara Enim - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 17 Maret 2021

Pasien Asap Ngempul Dievakuasi ke Polres Muara Enim


// Sekda Minta Rutin Perawatan Listrik di RSUD Rabain


MUARA ENIM, BS.ID -Kepanikan para pasien dalam peristiwa yang nyaris terbakarnya RSUD Rabain Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan mendapatkan aksi sigap dari Wakil Kepala (Waka) Polres Muara Enim Kompol Agung Adhitya Prananta SH, SIK, MH pada saat terjadi kebakaran di Rumah sakit Rabain terjadi pada Rabu (17/3), sekira Pukul 09.30 WIB pagi tadi. 


Pada saat mengetahui terjadi kebakaran di Rumah Sakit Rabain Waka Polres Muara Enim memerintahkan seluruh Personil Polres Muara Enim untuk membantu evakuasi pasien keluar dari rumah sakit tersebut. 


Pasien dan keluarga pasien dievakuasi untuk diamankan ke Polres Muara Enim dan di beri pertolongan pertama. Selanjutnya, Waka Polres Muara Enim bersama dengan petugas pemadam kebakaran, petugas rumah sakit dan Personil Polres Muara Enim menelusuri sumber asap yang mengepul. Dan diketahui ada percikan api di ruang panel UPS Listrik dan semua akses listrik ke panel UPS tersebut sudah dipadamkan semua.


Waka Polres Muara Enim bersama dengan petugas pemadam dan rumah sakit melakukan penyemprotan di Panel UPS yang terbakar tersebut dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).


Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar SIK mengatakan, syukurlah api sudah dapat dikuasai dan seluruh pasien yang sudah berhasil dievakuasi di Polres Muara Enim.


Selanjutnya petugas rumah sakit mengecek ruangan-ruangan dan kamar-kamar pasien untuk memastikan keselamatan pasien jika kembali di rumah sakit setelah kebakaran tadi.


Terkait peristiwa kebakaran yang diduga arus pendek listrik dari Unniterruptible Power Supply (UPS) penyuplai daya yang ada di RSUD Rabain tersebut hendaknya menjadi pembelajaran dan kewaspadaan serta pokus pemeliharaan teknisi kelistrikan dari petugas di RSUD Rabain tersebut.


Hal tersebut ditegaskan Pelaksana Tugas (PLT) Sekda Muara Enim, Drs Emran Tabrani MSi saat meninjau langsung terjadinya kebakaran dan kepulan asap yang mengepung ruang Lantai 2 RSUD Rabain itu. 


Didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Abdurrozieq Putra ST, PLT Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim langsung meninjau ke lokasi tersebut menginstruksikan dinas/instansi terkait untuk segera mengambil tindakan, khususnya dalam perbaikan kerusakan dan memastikan pelayanan kesehatan masyarakat tetap berjalan seperti biasanya. 

"Peristiwa ini jangan terulang lagi dan pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Muara Enim untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut," terangnya.


Ditegaskan Emran, kepada petugas jaringan kelistrikan pada RSUD dr, H M Rabain untuk selalu melakukan perawatan listrik yang setidaknya setiap sebulan sekali dengan rutin dan cermat. 

"Kini pasien telah dievakuasi di Halaman Mapolres Muara Enim yang telah disiapkan ditenda pengungsian oleh BPDB untuk dilakukan perawatan. Terlebih ucapan apresiasinya kepada Polres Muara Enim yang cepat dan sigap membantu para pasien pada evakuasi ini," ucap Emran.


Direktur RSUD Rabain melalui Wakil Direktur Yusrizal menjelaskan saat peristiwa terjadi seluruh pasien telah dievakuasi ke tempat yang aman.

"Para pasien kita pastikan tetap mendapatkan pendampingan dari tenaga medis ditenda pengungsian dan bersyukur tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu. Akan kita evaluasi atas kejadian kebakaran ini dan para pasien kita tugaskan tenaga medis untuk tetap fokus melayani dan merawat kesehatan mereka," ungkap Yusrizal. (Junaid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here