Peserta Manasik Haji Antusias Ikuti Materi - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 01 Maret 2021

Peserta Manasik Haji Antusias Ikuti Materi


// Calon Jamaah Haji Berangkat Tahun Ini


PRABUMULIH, BSM.ID - Puluhan calon jamaah haji asal peserta Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, Senin (1/3/), antusias mengikuti materi haji dari sang pemateri manasik haji.


Yang mana program rutin setiap tahun dilaksanakan tersebut oleh Kementrian Agama (Kemenag) Prabumulih, bertempat di aula PLHUT Kementrian Agama Prabumulih itu sendiri.

"Itu adalah mereke (peserta, red) calon jamaah gaji kita yang mengikuti materi hari ini berasal dari Manasik Haji Mandiri Sepanjang Tahun 2021 Masehi atau 1422 Hijriah," ucap Kepala Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Kota Prabumulih, Drs, Yeri Taswin MPdI diwakili Kepala Tata Usaha (Kasubag) Tata Usaha Drs, H Ali Ghufron MSi, ketika dibincangi media ini, Senin (1/3/2021) di ruangan kerjanya.


Adapun sekitar 150 peserta mengikuti manasik haji mandiri asal Kecamatan Prabumulih Timur yang dijadwalkan pihaknya setiap Senin pagi. Diberikan terkait seputran meteri baik tertulis maupun praktek langsung dilapangan.

"Dengan demikian, sehingga mereka faham dan lancar pada saat menjalani ibadah haji sesungguhnya, di Mekkah, Arab Saudi nantinya," ungkapnya seraya menyebutkan sedangkan manasik haji asal kecamatan lainya di kota ini melaksanakan manasik haji mandiri di aula kantor urusan agama (KUA)-nya masing-masing.


Bukan cuma peserta yang akan berangkat haji tahun ini saja diperbolehkan mengikuti program materi manasik haji mandiri dari pihaknya. Dan, juga sebaliknya pun pula bagi mereka yang masih lama akan berangkat atau pun bukan peserta haji.

"Nah, mereka-mereka itu boleh juga ambil bagian dalam kegiatan ini tanpa ada batasan sedikit pun. Terlebih, yang mengikuti program ini digratiskan dari kita," tambahnya.


Kepala KUA Kecamatan Timur, Miftahuddin SAg, MHI, dionfirmasi terpisah, tak menampik dari ratusan peserta calon jamaah haji yang bakal berangkat tahun ini sekitar Juli mendatang. Dan dimana terdapat 40-an saja peserta hadir mengikuti materi manasik haji diminggu pertama Maret 2021.

"Itu disebabkan oleh kesibukan mereka-mereka masing-masing. Selain itu juga ditambahkan sekarang daerah kita masih dilanda wabah penyakit Virus Corona Disease (Covid-19)," kata pria yang juga saat ini menjabat selaku Ketua Nahdatul Ulama (NU) Bumi Seinggok Sepumunyian sambil mendoakan agar wabah corona segara berakhir dimuka bumi ini.


Lanjutnya, alasan peserta manasik haji wilayah pimpinannya bersikeras mengikuti program tersebut harus di aula PLHUT Kantor Pusat Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu Kementrian Agama Prabumulih ialah akibat sebuah ruangan di KUA Timur tidak dapat menampung ratusan para peserta yang ada.

"Ruangan kecil dan peserta banyak. Apalagi memang wilayah kita ini luas penduduknya ketimbang daerah lainnya," tukas pria akrab disapa Miftha tersebut. (Tion)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here