Jaga Kesehatan Hewan Peliharaan Warga Disuntik Rabies - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 08 April 2021

Jaga Kesehatan Hewan Peliharaan Warga Disuntik Rabies


PRABUMULIH, BS.ID - Bukan cuma manusia saja yang saat ini gencar-gencarnya disuntik Vaksin Sinovac Virus Corona Disease (Covid-19) yang mewabah di kota ini. Juga sebaliknya hewan peliharaan warga pun disuntik petugas kesehatan demi semata-mata menjaga hewan atau binatang peliharaan mereka itu sendiri.


Setidaknya suntik kesehatan atau rabies hewan peliharaan warga tersebut dilakukan pemerintah terkait di Kelurahan Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel).

"Sejak pagi kita buka posko bertempat di halaman Kantor Prabujaya ini, baru ada sejumlah warga yang menyuntikan hewan peliharaan milik mereka," ujar Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan Kota Prabumulih, Ir, Pribadi Roso Sarosa diwakili Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan, Walijan, ketika dibincangi media ini, Kamis (8/4/2021) didampingi berapa pegawai lainnya.


Adapun alasan dari pihaknya bersikeras agar warga di Kelurahan Prabujaya dengan 27 RT dan 5 RW, yang memiliki hewan peliharaan kesayangan mereka di rumah. Pertama, supaya hewan tersebut tetap terjaga kesehatannya alias tidak gampang sakit. Lalu, gigitan binatang peliharaan mereka seperti kuncing dan lainnya tak menimbulkan rabies bagi pemiliknya/keluarga akibat gigitan.

"Minimal umur 6 bulan hewan itu boleh disuntik. Nah, kalau terpaksa disuntik dibawah usia itu. Dimana hewan itu bisa demem selama 3 hari," aku pria tersebut ini merupakan program tahunan dari pihaknya seraya menyebutkan kegiatan sosial ini hanya berlaku hari ini saja dari pagi hingga pukul 12.00 WIB tadi.


Musang Bulan berjenis jantan tersebut, diaku H Azali (36) dipeliharanya sejak kecil. Yang mana musang kesayangannya didapat dari pemberian orang lain.

"Baru kali pertama inilah musang aku disuntik rabies ini pak setelah umur setahun. Aku dapat informasi penyuntikkan hewan itu dari ketua RT kami," ungkap lelaki itu yang saat ini mengajar di SMK Pratiwi kota ini, dikonfirmasi terpisah.


Ia menambahkan, awalnya memang takut dengan musang tersebut. Terlebih lagi, hewan satu ini dikenal ganas, yang sering memakan ikan dan ayam sejenisnya milik peliharaan warga.

"Tapi, lama kelamaan merasa tertantang memelihara binatang dianggap buas ini. Ya, akhirnya penurut dan jinak juga musang ini," pungkas musang ini mempunyai dua gigi tajam dibagian dalam dekat langit-langit mulutnya, yang mana makanan kesukaan binatang kesayangannya itu adalah buah pisang. (Tion)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here