DPMD Muba Terima Kunker BPKAD DPMD OKU - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 27 Mei 2021

DPMD Muba Terima Kunker BPKAD DPMD OKU




MUBA, BS.ID - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Musi Banyuasin H Richard Cahyadi AP, MSi menerima Kunjungan Kerja (Kunker) BPKAD dan Dinas PMD Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (27/05/21) bertempat di ruang Rapat DPMD Muba yang dipimpin oleh H Yulius Faisol SE, MSi Sekretaris BPKAD Kabupaten OKU.


Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas PMD kabupaten Musi Banyuasin H Richard Cahyadi AP, MSi memaparkan, sejak 1 Januari 2020 Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin telah mengimplementasi aplikasi online di seluruh desa di Kabupaten Musi Banyuasin. 


Pada Tahun 2021 Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin akan mengkoneksikan Aplikasi Siskeudes online dengan Aplikasi Cash Management Sistem (CMS) dan Aplikasi Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu. 


Dijelaskan Richard Aplikasi CMS merupakan inovasi pengembangan Aplikasi Siskeudes dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI). 


Penerapan Aplikasi CMS koneksi Aplikasi Siskeudes online akan digunakan oleh pemerintah desa dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin koneksi langsung dengan setiap transaksi penerimaan dan pengeluaran desa yang dilakukan Kepala Desa dan Bendahara Desa di Bank Sumsel.  


Kepala Dinas PMD mengatakan dengan terimplementasi Aplikasi CMS, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dapat memantau secara langsung transkasi pengelolaan keuangan desa dan pada saat dibutuhkan misalnya mengecek saldo rekening kas dapat diketahui dengan cepat dan saat penyusunan Laporan Konsolidasi Realisasi APB-Desa baik semester satu dan akhir tahun anggaran ke Bupati Musi Banyuasin.

”Beberapa aplikasi yang telah kami operasikan untuk Percepatan Pembangunan dan mempermudah Akses Desa adalah Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online, Si Mantap (online) dan Sipades,” papar Richard.


Khusus untuk Aplikasi Sipades online, Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin menunggu informasi dari Kementerian Dalam Negeri kapan Aplikasi tersebut akan dibagikan agar dapat kami implementasikan di Kabupaten Musi Banyuasin. 


Untuk inventarisasi aset desa sejak Tahun 2020 sudah implementasikan melalui Aplikasi Sipades offline. Database setiap desa dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin sudah terdata dan dikumpulkan di Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin tinggal diimport ke Aplikasi Sipades online. 


Selain itu, saat ini dibawah Komando Bupati Musi Banyuasin Dr, H Dodi Reza Alex Noerdin Lic, Econ MBA, Dinas PMD sudah melakukan Pelatihan Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang digelar oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) melalui Dinas PMD Kabupaten dan Provinsi. 


Hasil Pelatihan SDGs, Kepala Desa bersama tim pendataan SDGs sedang melakukan pengentrian data SDGs di Aplikasi. 

Selain pelatihan SDGs, dalam rangka peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dan BPD, Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin sudah melakukan sosialisasi di Kecamatan Sungai Keruh, Babat Toman, Tungkal Jaya, Sungai Lilin, Lais, dan Babat Supat," jelas kadis PMD.


Pada kesempatan itu juga BPKAD dan Dinas PMD Kabupaten OKU meninjau Klinik Jaguk yang merupakan tempat pemerintah desa terutama operator desa berkonsultasi tentang pengelolaan Keuangan dan Aset Desa dan Ruang Server Dinas PMD sebagai sarana penyimpanan database aplikasi yang digunakan pemerintah desa secara online. (Pijai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here