25 Peserta Asal Dua Desa Ikuti Pelatihan - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 19 Juni 2021

25 Peserta Asal Dua Desa Ikuti Pelatihan





// Terkait Lingkungan Bersih Bebas Sampah dan Berdaya Ekonomi

MUBA, BS.ID - Sampah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Yang disebut sampah adalah barang-barang atau bahan-bahan buangan rumah tangga atau pabrik yang tidak digunakan lagi atau tidak terpakai dalam bentuk padat. 


Berangkat dari masalah tersebut maka Pemerintahan Desa Sido Mulyo dan Desa Sumber Harum Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin mengadakan kegiatan Pelatihan bertema, yakni Pengelolaan Lingkungan Hidup Bersih Bebas Sampah Berdaya Guna Ekonomi. Dimana kegiatan ini diselenggarakan mulai Sabtu (19/06) dan berakhir hari ini Senin (21/06/2021) ini. Kegiatan ini diselenggarakan di Desa Sumber Harum Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Muba, Sumatera Selatan.




Peserta pelatihan diikuti sebanyak 25 orang terdiri dari Pengawas BUMDes, Pengurus BUMDes, Bidan Desa, Relawan Desa Aman Covid-19, Masyarakat Peduli Lingkungan, Para Kader Pembangunan Manusia, Perwakilan dari Ibu-ibu PKK, Karang Taruna dan Posyantek.




Diharapkan dengan adanya semua perwakilan tersebut pelatihan ini bisa menyasar banyak warga sehingga tujuan Pemerintahan Desa Sido Mulyo untuk menciptakan desa yang bersih tercapai.

"Selain menciptakan desa yang bersih pelatihan ini juga ditujukan untuk belajar bagaimana cara mengolah sampah yang ada agar bisa digunakan kembali dan berdaya guna ekonomi. Oleh karena itu Pemerintah Desa Sido Mulyo mendirikan bank sampah yang diketuai Sarwo Edi. Dengan adanya bank sampah diharapkan warga sadar bahwa sampah yang mereka buang sembarangan tersebut sebenarnya masih memiliki nilai jual jika dipilah dan diolah dengan menggunakan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle)," jelas Suwito Kepala Desa Sido Mulyo.


Selanjutnya Suwito juga menghimbau agar semua warga desa mulai peduli dengan lingkungan tempat mereka tinggal. Jika lingkungan bersih maka kualitas hidup warga desa juga akan meningkat. 

"Saya harapkan semua warga Desa Sido Mulyo khususnya dan warga desa lain peduli terhadap lingkungan. Serta memiliki kesadaran yang sama agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan asri untuk bumi lebih baik," tutupnya. (Pijai/Mitra Desa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here