Ajak Jamaah Sholat Idul Adha Patuhi Prokes - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 16 Juli 2021

Ajak Jamaah Sholat Idul Adha Patuhi Prokes





MUARA ENIM, BS.ID - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, yakni Bustomi SAg, SHI menyebutkan masa pandemi ini pihaknya menghimbau masyarakat pada saat pelaksanaan ibadah Sholat Idul Adha 1442 H dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban untuk tetap menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.


Ajakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama SE Nomor 16 Tahun 2021 dan SE Nomor 17 Tahun 2021. Dimana, agar masyarakat mengetahui surat edaran tersebut, maka telah diinstruksikan kepada Penyuluh Agama Islam Honorer dan P2UKD di Kecamatan Lembak untuk sosialisasi dengan memanfaatkan media sosial dan mencetak surat edaran (SE) itu untuk disebarkan. 


Lanjutnya, bahwa tahun ini masih bisa melaksanakan ibadah sholat ied, namun dengan prokes yang ketat, semua ini dilakukan demi kebaikan bersama dalam hal pencegahan dan bukan maksud untuk memutus silaturahmi disituasi wabah saat ini. 

"Insyaallah sholat ied jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 juga dihimbau kepada pengurus masjid yang ada di Kecamatan Lembak untuk menerapkan Prokes Covid-19," pesan KUA Lembak Bustomi SAg, SHI,

kepada media ini, Jumat (16/07/2021). 


Dikatakannya, waktu pelaksanaan khotbah usai shalat ied nantinya untuk tidak terlalu lama namun tentunya bermakna, begitupun usai sholat para jamaah tidak melakukan interaksi dengan berjabat tangan namun lebih mengedepankan senyuman dengan melalui tatap muka.

"Kepada panitia kurban dihimbau untuk bertindak profesional, bekerja dengan tetap menjaga kebersihan dan membagikan daging kurban kepada yang berhak langsung ke rumahnya masing-masing agar tidak terjadi kerumunan. Kepada masyarakat juga diminta untuk tidak datang mengantri dan berkerumun di tempat pemotongan hewan kurban," tambahnya pria tersebut.

"Kita dan orang disekitar kita berhak untuk sehat, dan kita mempunyai kewajiban untuk tetap menjaganya. Memang saat ini wilayah kita masih aman, namun kita harus tetap waspada, corona masih nelanda, jadi mari kita laksanakan protokol kesehatan dengan lapang dada dan ikhlas," tukas dia. (Junai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here