Sebulan, Rumah Sakit Butuh 400 Kantong Darah - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 13 Juli 2021

Sebulan, Rumah Sakit Butuh 400 Kantong Darah





PRABUMULIH, BS.ID - Berbagai upaya telah dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Prabumulih demi ketersedian stok darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih.


Berbagai upaya yang dimaksud tersebut, yakni salah satunya sering mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) oleh PMI Kota Prabumulih dalam hari-hari besar nasional. Namun upaya yang dilakukan tersebut belum sepenuhnya membuat kesadaran masyarakat betapa pentingnya mendonorkan darah demi keselamatan orang banyak, dan juga sebaliknya bermanfaat bagi kesehatan tubuh pendonor itu.

"Sejumlah upaya ditengah masyarakat sudah kita lakukan. Tapi, hasilnya belum maksimal sesuai harapan kita bersama," ungkap Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum (RSUD), Yolanda diwakili mantan Kepala UTD RSUD Prabumulih, dr Lazuardi ketika dibincangi media ini, Selasa (13/7/2021).


Kurangnya ketersedian stok darah di rumah sakit setiap bulannya itu. Diakui lelaki yang kini menjabat Staff UTD RSUD Prabumulih, hal tersebut akibat masih kurangnya kesadaran dari masyarakat itu sendiri. Padahal, semakin sering seseorang mendonorkan darahnya. Maka semakin banyak penyakit yang dikeluari lewat darah yang diambilkan tersebut.

"Setiap minggu kita butuh darah sebanyak 100 kantong. Artinya sebulan rumah sakit ini butuh 400 kantong darah," ungkapnya pria tersebut salah penyakit bisa sembuh dari rutin doroh adalah penyakit kolestrol.


Demi membumingi supaya masyarakat berlomba-lomba dalam hal kebaikan demi menolong sesama manusia yang membutuhkan. Kedepan, dalam waktu dekat pihak PMI Prabumulih akan melauncingkan forum relawan donor darah.

"Nah, semacam yang sudah-sudah bagi mereka (peserta, red) baik warga maupun aparatur sipil negara (ASN) kategori paling banyak mendonorkan darahnya. Nanti akan mendapatkan piagam atau sertifikat bahkan dapat reward umroh gratis dari pemerintah kota kita," tambahnya seraya menyebutkan saat ini peserta paling banyak mendonorkan darah berasal dari ASN yang berdinas dilingkungan pemerintah kota.


Salah satu relewan, Abu Bakrin mengakui, datang ke UTD RSUD Bumi Seinggok Sepemunyian pagi ini. Ialah semata-mata demi menolongi orang tua temannya yang lagi sakit dan membutuhkan stok darah. Terlebih lagi, informasi yang didapat stok darah di rumah sakit ini sedang mengalami ke kosongan.

"Sudah sering donor darah. Apalagi lagi ini membantu bapak teman saya sendiri yang sedang sakit," aku pria tersebut, dikonfirmasi terpisah.

"Aku juga kesini demi menolong sesama manusia yang lagi membutuhkan pertolongan. Kapan lagi kita hendak berbuat kebaikan, ya kalau tak dimulai sekarang ini," cetus Ron pendoroh darah lainnya. (Tion)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here