Soal Pemekaran, Ikamagel Temuai Presidum CDOB Gelumbang - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 11 Juli 2021

Soal Pemekaran, Ikamagel Temuai Presidum CDOB Gelumbang





MUARA ENIM, BS.ID - Mahasiswa Gelumbang tergabung dalam IKatan Mahasiswa Gelumbang (IKAMAGEL), Sumatera Selatan, Minggu (11/07) mengadakan audensi dengan pengurus Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG). 


Dalam audensi tersebut ikamagel langsung diterima Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) H Rani Kodim SH, dan Penasehat PPKHG Ir, H Hanan Zulkarnain MTP, Wakil Ketua PPKG Japri S, Sos, dan Pengurus PPKG lainnya. 


Kepada media ini Koordinator Organisasi Kemahasiswaan IKAMAGEL Ahmad Romadhon mengungkapkan, kegiatan podcast ikamagel yakni sehari bersama pengurus pemekaran calon Kabupaten Gelumbang guna beraudensi dan sekaligus salam perkenalan lebih dekat dari ikamagel.


Lanjutnya, topik dalam audensi mereka dengan PPKG yaitu menanyakan sejarah dan latar belakang pemekaran Kabupaten Gelumbang mencakup letak geografis dan suku yang dominan. Lalu, Sumber Pandapatan asli daerah, perkembangan dan update terkini mengenai administrasi dan langkah apa yang diambil selanjutnya alias pesan untuk masyarakat Kabupaten Gelumbang," ungkap Ahmad Romadhon. 


Dalam audensi tersebut dua orang mahasiswa Abi Ananda dan Monica Bela bertindak sebagai moderator program kerja divisi media dan informasi ikamagel yang dibantu para kameramen serta kru lainnya tersebut terlihat kedatangannya langsung diterima oleh narasumber yang tak lain Ketua Presidium CDOB Gelumbang H Rani Kodim SH, Dewan Penasehat PPKG Ir, H Hanan Zulkarnain MTP, dan wakil Ketua PPKG Japri S, Sos, serta pengurus PPKG lainnya. 


Usai audensi dan bertatap muka langsung dengan dua orang tokoh pejuang pemekaran Kabupaten Gelumbang yang sekaligus sebagai narasumber kami tersebut, Moderator Ikamagel Abi Ananda dan Monica Bela didampingi para anggota lainnya, mengutarakan rasa bangganya dan apresiasinya kepada dua orang tokoh pejuang pemekaran Kabupaten Gelumbang yang sekarang ini perjuangannya telah mencapai Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Gelumbang, bahkan sekarang ini CDOB Gelumbang telah masuk daftar dibagian Otda Kemendagri Pusat. 


Lanjutnya, bahwa pertanyaan demi pertanyaan selaku moderator kepada dua narasumber yakni dua orang tokoh pejuang DOB Gelumbang tersebut, jawaban dari dua tokoh tersebut 


tentunya sangat membanggakan seperti menanyakan terkait Sumber PAD CDOB Gelumbang yang dimiliki sehingga pemekaran Kabupaten Gelumbang telah dinyatakan layak dimekarkan serta terkait perkembangan dan update terkini mengenai admintrasi dan langkah yang diambil selanjutnya. 

"Selain mendapatkan ilmu dan tentunya membuat kita para mahasiswa yang tergabung di ikamagel menjadi semangat untuk bergabung berjuang untuk CDOB Gelumbang segera dimekarkan. Kita bangga atas penjelasan gamblang dari Pak Hanan dan Pak Rani yang ternyata hasil kajian akademik UNSRI kala itu telah mencakup keseluruhan," akunya.

"Dan indikator maupun nilai perekonomian terkait PAD seperti keberadaan migas, perkebunan, pertanian, maupun tambang telah ada sehingga kajian akademik dari UNSRI menyatakan layak," ucap Moderator Abi Ananda dan Monica Bela. 


Ditambahkan keduanya, juga terkait jawaban narasumber mengenai perkembangan mengenai adminitrasi dan langkah yang diambil selajutnya CDOB Gelumbang tersebut, pihaknya lagi-lagi menaruh rasa bangga kepada pejuang pemekaran CDOB Gelumbang yaitu Hanan dan Rani, yang menyatakan sejauh ini data adminitrasi CDOB Gelumbang telah sangat lengkap seperti telah mempunyai kepemilikan peta wilayah yang disetujui dan ditandatangani 5 pimpinan wilayah perbatasan kala itu, persetujuan bupati dan gubernur, dan kini tinggal berencana audensi dengan nendagri yang telah siap difasilitasi oleh Gubernur Herman Deru. 

"Ikamagel siap membantu dan berpartisipasi untuk CDOB Gelumbang dan kami sebagai putra-putri daerah tentunya merasa terpanggil Karena pada hakekatnya pemekaran wilayah untuk kesejahteraan masyarakat Dan wilayah Gelumbang Raya memang sudah terputus dan layak dimekarkan," tegasnya. 


Ketua Presidum Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) H Rani Kodim SH menyambut baik dan apresiasinya kepada mahasiswa yang tergabung di ikamagel karena mereka ini para penerus genarasi bangsa yang dimiliki dan sangat peduli dengan cepat terbentuknya Kabupaten Gelumbang ini. 

"Terima kasih atas dukungannya dan inilah sejarah yang telah kita ceritakan terkait perjuangan pemekaran Kabupaten Gelumbang kepada kalian semua. Berharap rencana PPKG audensi dengan Mendagri beberapa hari lagi ini usulan CDOB Gelumbang yang sudah sangat layak dimekarkan dapat cepat terwujud," ungkap Rani Kdim Ketua Presidium yang juga anggota DPRD Muara Enim ini. 


Hal senada juga diungkapkan Penasehat PPKG Ir, H Hanan Zulkarnain, MTP bahwa telah jelaskan kepada mahasiswa Gelumbang yang tergabung di organisasi ikamagel ini. Bergabungnya para mahsiswa Gelumbang Raya ini untuk mendukung dan berpatisipasi serta  berjuang agar CDOB Gelumbang cepat dimekarkan tentunya kita apresiasi. 


Lanjut Hanan, kalian para penerus bangsa dan tentunya tidak rela jika kalian sebagai putra daerah hanya menjadi penonton saja jika DOB Gelumbang segera dimekarkan, dan tentunya apa yang diceritakan sejarah perjuangan pemekaran Kabupaten Gelumbang ini tentunya tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. 

"Mari bersatu-padu dan optimis bahwa kalian para mahasiswa tergabung di organisasi ikamagel yang mencakup di 6 Kecamatan yakni Gelumbang, Sungai Rotan, Kelekar, Lembak, Muara Belida, dan Belida Darat, untuk tetap semangat berjuang agar CDOB Gelumbang cepat disahkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB)," tutup Mantan Wabup Muara Enim Era Kalamudin Jinab itu. (Junai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here