Disdukcapil Bersama GTPK Jemput Bola Datakan Warga - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 15 November 2021

Disdukcapil Bersama GTPK Jemput Bola Datakan Warga


MUBA, BS.ID- Jemput bola LSM GTPK didampingi Disdukcapil Muba adakan pendataan penduduk di Dusun 7 Kembang Umur Desa Epil, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi sumatera Selatan, Senin, (15/11/2021).

Dalam layanan jemput bola tersebut dukcapil bersama rombongan menuju Desa Epil tepatnya di wilayah Dusun 7 Kembang Umur. Untuk menuju dusun tersebut rombongan harus menaiki speed boad selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Rombongan disdukcapil tersebut yang mewakili dari PLT kepala dinas melalui Kepala Bidang Kependudukan Rudi saat dibincangi awak media ini menyampaikan, bersama tim disdukcapil melaksanakan program pemerintah melakukan pendataan terhadap masyarakat di Kabupaten Musi  Banyuasin, kususnya masyarakat di Desa Epil kecamatan Lais di Dusun 7 Kembang Umur.

Dalam sambutannya kepada masyarakat Kembang Umur di Masjid At-Taqwa Rudi menyampaikan bagi masyarakat yang belum mempunyai KK (Kartu Keluarga), KTP (Kartu Tanda Penduduk), (KIA) Kartu Identitas Anak, Akte Kelahiran dan Akte Kematian tersebut.
"Diharapkan warga Dusun Kembang Umur dan dusun sekitarnya agar besok untuk bisa jadi di Kantor Balai Desa Epil guna membuat identitas diri yang langsung bisa jadi sekaligus," ajaknya.

Tambah Rudi, untuk mempercepat proses pembuatan identitas diri tersebut agar masyarakat berkata jujur kalau dirinya pernah membuat KK atau KTP dan tidak menimbulkan kegandaan identitasnya, dan prosesnya cepat selesai sehari.

Sementara itu, Ketua Umum LSM-GTPK Gabungan Trisula Pengugkap Kabar Warto yang juga ikut mendampingi kegiatan tersebut mengatakan kepada awak media ini, selaku lembaga swadaya masyarakat, disamping melakukan tugas kontrol, juga melakukan tugas sosial kepada masyarakat. Bagi masyarakat yang belum memiliki identitas diri pihaknya membantu sampaikan ke dinas terkait disdukcapil agar dinas tersebut cepat tanggap melakukan tugasnya untuk melakukan pendataan dan melengkapi data diri agar mereka mempunyai identitas diri di wilayah desa/dusun tersebut.
"Alhamdulillah berkat laporan dari aggota Lembaga Swadaya Masyarakat Gabungan Trisula Pengugkap Kabar kepada disdukcapil, mendapat tanggapan yang serius oleh Kepala Bidang (Kabid) Rudi, tidak memerlukan waktu lama, tim disdukcapil lagsung turun ke Dusun Kembang Umur bersama Ketua LSM GTPK dan anggota mereka.

Di tempat yang sama Ketua BPD Dusun VII Kembang Umur Desa Epil Junaidi saat dibincangi awak media ini mengatakan berterima kasih atas kesediaan tim dari Disdukcapil Muba dan LSM GTPK yang telah jauh jauh dari kota ke dusun mereka demi mendata warganya.
"Karena memang untuk di dusun kami masih ada yang belum memperbaiki data kependudukan dan bahkan belum mempunyai sama sekali," akunya pria tersebut.

Muhammad Isa warga Dusun VII setempat pun saat dibincangi awak media juga pun sebaliknya mengucapkan terima kasih kepada team Disdukcapil Muba dan LSM GTPK karena sudah jauh- jauh turun langsung ke dusun mereka terkait hal ini. (Pijai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here