Kampung Kemayoran Muara Enim Terpilih Kampung Tangguh dari Polda Sumsel - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 14 Januari 2022

Kampung Kemayoran Muara Enim Terpilih Kampung Tangguh dari Polda Sumsel

// Minta Pasang Lampu Hias dan Payung Bergantungan


MUARA ENIM, BS.ID - Beberapa hari lalu atau tepatnya Jumat (14/01/2022 ), Kampung Kemayoran Muara Enim mendapatkan kunjungan dari pihak Polda Sumsel dan Perwakilan dari Polres Muara Enim karena dipilih sebagai kampung tangguh.

Kedatangan pihak Polda Sumsel dan Polres Muara Enim disambut langsung Ketua RW 02, Kemayoran Kelurahan Pasar 1 Muara Enim Fideraini Z didampingi para RT dan warga Kemayoran, perwakilan dari Polda Sumsel  AKBP Thoat, AKBP HM Syeh dan Jajaran Polda Sumsel bersama Kasat Binmas Polres Muara Enim AKP Desi Azhari SH, MSi dan rombongan Polres Muara Enim. 

Seperti disampaikan  AKBP Thoat dan Kasat Binmas Polres Muara Enim AKP Desi Azhari SH, MSi, bahwa Kampung Kemayoran Kelurahan Pasar 1 Muara Enim terpilih sebagai Kampung Tangguh dari Program Polda Sumsel.

Terpilihnya Kemayoran sebagai kampung tangguh, dikarenakan kampung tua dipusat kota ini dekat dengan Masjid Agung, Kantor Bupati Muara Enim dan area perkantoran lainya, termasuk Taman Serasan Sekundang dan Tugu Kopi serta dekat dengan aliran Sungai Enim. 

Di Kampung Kemayoran sendiri dinilai banyak pontensi kearifan lokal, kuliner, pelaku seni dan para pelaku kreatif lainnya serta destinasi wisata yang dapat dikembangkan nantinya.

Kasat Binmas AKP Desi Azhari SH, MSi bersama pihak Polres Muara Enim dan warga Kemayoran hari ini Minggu, (16/01/2022) mereka secara sukarela dan gotong royong mulai melakukan pengecatan pada pintu gerbang, dinding-dinding dan pagar serta pot-pot bunga rumah warga disepanjang jalan masuk Kampung Kemayoran.

Seperti disampaikan oleh AKP Desi Azhari, harapan darinya nanti setelah selesai program ini terlaksana dengan baik, selain sebagai kampung tangguh, kampung ini bisa berkembang secara mandiri agar dapat meningkatkan perekonomian dan lapangan kerja bagi warga Kemayoran tentunya.
"Silahkan warga secara berinovasi sesuai dengan bakat dan keterampilan serta ide-ide mereka ingin apa, seperti usaha kuliner, kerajinan tangan dan apa saja yang dapat dikembangkan serta menghasilkan," aku kasat binmas. 

Masih kata Kasat Binmas Polres Muara Enim bahwa 
setelah program ini terlaksana, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait, seperti Dinas Pariwisata dan Ekraf, agar dapat dukungan bagaimana pontensi daya tarik wisata dan ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan, Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi UMKM, agar para warga bisa dibina dan dibantu dari permodalan UMKMnya.
"Serta dari Dinas Kominfo agar nantinya dibantu pemasangan jaringan internet, agar para warga dan wisatawan yang berkunjung dapat mengakses media sosial," terang AKP Desi Azhari.
 
Anggota DPRD Muara Enim Dapil 1 dari Fraksi Golkar Bonny Noprian SH, sangat berterima kasih kepada pihak Polda Sumsel dan Polres Muara Enim atas program ini, tentunya sangat mendukung Kemayoran menjadi kampung tangguh, ditambah lagi dilakukan pengecatan warna-warni di setiap rumah-rumah warga, jadi sangat menarik dan lebih semarak. 
"Nanti saya coba lakukan komunikasi langsung dengan instansi terkait agar setiap Dinas terkait termasuk pihak BUMN/BUMS bisa memfasilitasi dan memberikan dukungannya apa saja yang bisa dibantu agar Kampung Kemayoran ini lebih baik lagi kedepannya," ujar Bonny.

Senada disampaikan Ketua RW 02 Kemayoran Bapak Fideraini Z dalam hal ini diwakili oleh Ketua Karang Taruna Kemayoran Miftahurrahman didampingi Tokoh Pemuda Kemayoran Freddy Boyas, tentunya sangat berterima kasih sekali kepada pihak Polda Sumsel dan Polres Muara Enim yang telah menunjuk Kemayoran sebagai Kampung Tangguh.
"Kami sampaikan juga bahwa dari hasil musyawarah dengan  RW 02 dan para RT serta perwakilan warga Kemayoran dan pihak Polres Muara Enim sebelumnya, nantinya Kampung Kemayoran ini akan dinamakan "Kampung Bewarne" sesuai dengan tema yang dilakukan pada hari ini, yaitu pengecatan warna-warni pada setiap rumah warga yang terdampak pengecatan. selain pengecatan warna-warni, akan dibuat lukisan pada dinding, baik bercorak triji (tiga dimensi) maupun mural (gambaran)," tambahnya pria tersebut. 

Pontensi, bakat dan kreativitas para warga dan pemuda Kemayoran nantinya dapat dikembangkan baik dari Kuliner, karya seni, kriya maupun hal-hal positif lainnya yang dapat dikembangkan dan meningkatkan perekonomian warga itu sendiri.
"Harapan kami juga selain dilakukan pengecatan pada dinding dan rumah warga, di Kampung Kemayoran agar dibantu pemasangan lampu hias warna warni, payung-payung bergantungan disepanjang masuk Kampung Kemayoran dan spot foto di area pinggir sungai agar lebih menarik perhatian warga yang berkunjung. Kami berharap kiranya kegiatan ini mohon bantuan dan kerjasamanya kepada warga Kemayoran dan semua pihak yang terlibat nantinya, baik secara bergotong royong dan swadaya agar kedepannya apa yang kita lakukan ini berjalan dengan baik dan sesuai harapan bersama," pungkasnya. (Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here