Rekrut Tenaga Kerja Diduga Syarat Kepentingan - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 07 Januari 2022

Rekrut Tenaga Kerja Diduga Syarat Kepentingan




MUARA ENIM, BS.ID - Perekrutan tenaga kerja di PT Gelumbang Agro Sentosa (GAS), di Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, disebut-sebut telah diumumkan oleh pihak PT Gelumbang Agro Sentosa beberapa waktu lalu. Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan buah sawit yang baru dibangun di atas tanah kawasan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Gelumbang Sumatera Selatan itu, berdasarkan informasi yang dihimpun bahwa perusahaan telah membuka lamaran para pekerja bagi tenaga lokal untuk diperkerjakan di perusahaan tersebut. 

Dan sesuai aturan maupun kebijakan bahwa seyogyanya memang perusahaan yang beroperasi dikawasan ring satu alias desa yang dekat dengan perusahaan tersebut, tentunya diharapakan perekrutan tenaga kerja lokal baik itu yang mempunyai keahlian/skil maupun non skil untuk dapat dikaryakan, sehingga tingkat pengangguran minimal dapat teratasi. 

Begitupun dalam penerimaan para pekerja yang berniat menjadi tenaga kerja atau karyawan perusahaan tersebut, tentunya diharap perusahaan lebih selektif lagi serta jeli dalam menerima para tenaga kerja, agar tidak timbul kecemburuan bagi pelamar lain, padahal dari segi pendidikan serta pengalaman dasar kerja mereka telah miliki namun mereka tidak lolos di pengumuman lamaran kerja mereka.

Hal tersebut, dikatakan seorang mantan anggota DPRD Muara Enim Dapil 3 Muara Enim yang juga selaku tokoh masyarakat Desa Sukamenang Kecamatan Gelumbang Bung Japri, S, Sos, kepada media ini menegaskan, bahwa perekrutan tenaga kerja di PT Gelumbang Agro Sentosa (GAS) sarat banyak kepentingan dan tidak transparan serta diduga kuat terindikasi banyak titipan kalangan oknum pejabat. 

Lanjutnya, bahwa sebagai warga masyarakat tentunya prihatin karena telah banyak warga yang datang mengeluh dan mengadu ke dirinya karena lamarannya saat pengumuman kerja tidak lolos, padahal ia punya modal skil dan sebagi putra daerah ring satu.
"Ini jangan dibiarkan budaya titip- menitip soal melamar kerja, dan perusahaan agar lebih selektif menerima para pekerja sehingga tidak terjadi gejolak di masyarakat," tegas Japri, S, Sos, Jumat, (07/01/202). 

Dikatakan mantan dewan tersebut mendesak pihak Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) segera turun guna mengecek langsung data administrasi para pelamar kerja di PT Gelumbang Agro Sentosa (GAS) apakah sudah sesuai atau tidak dan juga lebih transparan karena inikan demi perusahaan serta kebaikan bersama. "Bagaimana perusahaan bisa cepat maju pesat, jika dugaan awal perekrutan tenaga kerja sudah sarat banyak kepentingan, dan ini bisa menimbulkan gejolak di masyarakat," tutup mantan dewan itu. 

Belum ada keterangan resmi dan juga melibatkan insan pers dalam pengumuman para tenaga kerja dari PT Gelumbang Agro Sentosa (GAS) yang berlokasi dikawasan Desa Sukamenang dan Kelurahan Gelumbang serta dekat dengan Kantor Camat Gelumbang Kabupaten Muara Enim dengan jarak waktu tempuh sekitar 5 menit itu. (Junaidi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here