Audensi dengan Bupati, AWDI Kenali Anggota Bersama Pengurus - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 23 Maret 2022

Audensi dengan Bupati, AWDI Kenali Anggota Bersama Pengurus


// Juga Terkait Sejarah AWDI Indonesia

MUBA, BS.ID - Audensi AWDI DPC Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel) diterima baik oleh Beni Hernedi Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Musi Banyuasin dalam rangka acara menerima pengurus Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) Kabupaten Musi Banyuasin didampingi oleh Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Joni Martohonan AP, MSi, Kepala Dinas (Kadin) Diskominfo Heryandi Sinulingga AP, Kabag Umum Sefrizal SE, MSi, yang mewakili Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dilaksanakan di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate pada pukul 11.00 WIB sampai dengan selesai, Rabu, (23/03/2022).

Diawali dengan pembukaan salam perkenalan dari Darul Kutni Ketua AWDI DPC Muba kepada Beni Hernedi PLT Bupati Musi Banyuasin dan kemudian memperkenal semua nama Kepengurusan dan Anggota AWDI DPC Musi Banyuasin dan juga Ketua Bidang Hukum beserta anggotanya AWDI DPC Musi Banyuasin.

Dimana tak lupa Darul juga menjelaskan pengertian dari Asosiasi wartawan demokrasi Indonesia (AWDI) dan juga Awal mulai berdirinya organisasi yang pertama kalinya hingga saat ini.
"Pada kesempatan yang berbahagia ini izinkanlah saya Darul Kutni  selaku Ketua AWDI Pimpinan Cabang (DPC) Musi Banyuasin untuk menyampaikan sekaligus memperkenalkan organisasi AWDI ini," ungkapnya.

Lanjutnya, Apa itu AWDI?. AWDI adalah salah satu organisasi profesi yang berasakan pancasila dan berlandasan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 serta amandemen-amandemennya. AWDI menjadi wadah para insan pers, baik wartawan, pelaku bisnis media, profesional jurnalistik, para pakar hukum dan tokoh pendidikan serta politikus yang peduli dengan jurnalis. Dimana AWDI sebagai organisasi profesi wartawan yang memberikan edukasi membangun kepada publik atas dasar demokrasi.

Masih Darul, sejak proses berdirinya AWDI Tahun 1998 silam hingga tahun berdirinya tahun 2000 lalu, organisasi AWDI yang dipimpin oleh Ketua Umum sebelumnya yaitu Almarhum (Alm) Ok Syahyan, yang juga termasuk pendiri, Budi Wahyudin Syamsu yang memang bukan pendiri tapi selaku deklarator dan diangkat Ketua Litbang, mendapat undangan resmi untuk turut merumuskan undang -undang pokok pers pada Tahun 1999
"Serta juga terkait kode etik jurnalistik (KEJ) yang pembahasannya dilakukan di Yogyakarta, Bandung, dan berakhir di Hotel Haris Jakarta bersama organisasi pers lainnya," imbuhnya.

Lanjut Darul lagi, hingga tercatat AWDI Ok Syahyan atau Budi Wahyudin dari AWDI bersama organisasi pers lainnya merumuskan dan menandatangani draft undang -undang yang menjadi Undang - undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999 tersebut.

Maka sejarah mencatat bahwa AWDI adalah sebagai salah satu pencetus lahirnya UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.
"Pasca dilaksanakannya kongres pertama AWDI hingga tercapai mufakat Kongres AWDI tertanggal 15 Januari 2020 bertempat di Gedung Juang 45 Jalan Menteng Raya Nimor 31 Jakarta Pusat terpilih secara aklamasi Ketua Umum Budi Wahyudin Syamsu, Sekretaris Umum Ali Nasrullah Ramadhan dan Bendahara Umum Sri Hayati," akunya.

Keputusan aklamasi tersebut, kata dia, adalah menjadi tonggak sejarah terbentuknya kembali s
Struktur Dewan Pimpinan Pusat AWDI Masa Bakti 2019-2024, setelah dilakukan konsolidasi dan sosialisasi organisasi kepada segenap insan pers yang dulu sudah mengenal AWDI. Maka pada Desember 2020 secara resmi kepengurusan organisasi Dewan Pimpinan Pusat, hasil kongres pertama dideklarasi dan dikukuhkan, bertempat di Gedung AGP Lantai 4 Cikini Jakarta Pusat.
"DPP AWDI secara resmi berkantor pusat di Gedung Semar Surya Kencana, Lantai 1 di Jalan Juanda Nomor 4A Jakarta Pusat. Dan saat ini tetap eksis berkiprah dalam dunia organisasi pers di Indonesia dengan bergabung dalam wadah kebersamaan pada majelis pers. AWDI juga bermitra dengan dewan pers dan seluruh organisasi wartawan dan organisasi pers yang terdaftar pada dewan pers. Dalam pergerakannya, AWDI sudah mulai terbentuk kembali kepengurusan DPW AWDI tingkat provinsi, dan DPC AWDI tingkat kabupaten/kota di Indonesia dan termasuklah AWDI DPC Musi Banyuasin," tutupnya.

Tak lupa, Sekretaris AWDI DPC Muba Agung Budi setiawan menyampaikan program program kerja Organisasi AWDI DPC Musi Banyuasin. 
"Beberapa program yang akan kita jalankan baik itu melalui APH2 yang ada maupun program kerja kemitraan pemerintah, dan pemberian penghargaan AWDI Award," tambahnya seraya menyebutkan salah satu program yang utama akan diselenggarakan yaitu Deklarasi dan Pengukuhan AWDU DPC Musi Banyuasin.

Beni Hernedi Pelaksana Tugas Bupati Musi Banyuasin menyambut baik kedatangan Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) DPC dan mensuport program-program yang disampaikan.
"Selamat dan bersyukur atas terbentuknya kepengurusan  Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia, mari kita bersenegri bersama demi kemajuan Muba supaya kedepannya Muba lebih baik. Saya sangat mensuport program yang ada terutama program kerja kemitraan pemerintahan maupuan pemberian penghargaan AWDI Award," aku orang nomor satu di kabupaten tersebut.

Selanjutnya, terkait masalah program utama yang akan dilaksanakan AWDI DPC Muba yaitu menyelenggarakan deklarasi dan pengukuhan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin siap mensuport dan memfasilitasi sebagai bentuk kerjasama Pemda Musi Banyuasin dengan organisasi profesi dalam hal ini Awdi DPC Muba, begitu juga dengan organisasi lain sebagainya. (Rillis AWDI/Pijai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here