Ajak Pengajian Istiqamah Khatam Alquran di Bulan Ramadhan - PT Berantas Sumsel Media

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 05 April 2022

Ajak Pengajian Istiqamah Khatam Alquran di Bulan Ramadhan


MUBA, BS.ID - Lantunan ayat-ayat Suci Alquran bergema dibacakan ibu-ibu pengajian Al-Noerdin Serasan Sekate, besama Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Beni didampingi Ketua DWP Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi dan aAggota Majelis Talim lainnya bertempat di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Selasa (5/4/2022).

Anggota DPRD Provinsi Sumsel ini juga mengajak para ibu-ibu majelis ta'lim di Bumi Serasan Sekate untuk bersama-sama bersyukur kepada Allah SWT, karena masih bisa dipertemukan kembali di dalam Bulan Suci Ramadhan 1443 H.
"Mari kita manfaatkan bulan suci ramadhan ini dengan terus melakukan kegiatan yang menambah pahala, selain ibadah puasa kita isi dengan tadarusan bersama. Alhamdullilah kegiatan pengajian rutin Al-Noerdin ini sudah berlangsung cukup lama, oleh karena itu mari kita tetap istiqomah melaksanakan pengajian untuk bisa khatam alquran selama bulan suci ramadhan ini," ucap Susy.

Istri PLT Bupati Muba ini juga menyebutkan, tadarus alquran kali ini dirinya mengajak para ibu-ibu pengajian untuk menerapkan metode sepuluh kali pertemuan khatam alq. Dimana imam yang baca dengan suara keras, yang lainnya menyimak, membaca dalam hati sendiri-sendiri. Setiap pertemuan dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing kelompok 25 orang. Karena dilihat seperti tahun-tahun lalu metode ini lebih bermanfaat, jika ada kekeliruan bisa diperbaiki langsung masing-masing.
"Alhamdullilah berkat ketulusan dan keikhlasan kita semua, pengajian ini sudah berlangsung cukup lama dan saya pantau tetap aktif meskipun kemarin dimasa Pandemi Covid-19, namun tetap memgedepankan protokol kesehatan dalam pertemuan pengajian. Saya menghimbau agar pengajian ini tetap berjalan, bulan puasa ataupun tidak pengajian tetap harus dilaksanakan, insyaallah akan mendapatkan pahala dalam ibadah ini," ujar Susy Imelda.

Kali ini, ceramah agama oleh Ustadz Wahyuddin LC  yang pada kesempatan ini memberikan tausiyah tentang keutamaan membaca alquran di bulan ramadan sangatlah besar. Selain berpuasa, seorang muslim dianjurkan untuk banyak-banyak beribadah di bulan ramadan ini. Salah satu ibadah yang memiliki banyak keistimewaan tentunya adalah membaca alquran.

Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda barang siapa yang membaca satu huruf dari alquran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipatgandakan menjadi sepuluh kalinya.
"Bahkan tidak jarang seorang umat Islam menargetkan untuk khatam alquran di bulan ramadan, karena keutamaannya sangat sayang untuk dilewatkan. Hal ini disebutkan dalam hadis ketika seorang hamba mengkhatamkan alquran, maka dipenghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya.

Lanjut Wahyuddin, keutamaan membaca alquran di bulan ramadan juga dapat menyempurnakan ibadah puasa. Pasalnya, alquran turun di bulan ramadan, yaitu pada 17 ramadan yang disebut juga dengan nuzulul quran. (Pijai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here