Dua Tahun Vakum, Pasar Beduk Dibuka - BERANTAS SUMSEL.ID

Breaking

Tegas, Akurat dan Terpercaya

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 04 April 2022

Dua Tahun Vakum, Pasar Beduk Dibuka

// Ada Dua Titik Pasar Beduk di Sekayu

MUBA, BS.ID - Setelah dua tahun Kota Sekayu tanpa Pasar Beduk Ramadhan, dimama kali ini Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan kembali membuka pasar bedug bagi warga tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni. 

Pasar beduk yang menjual berbagai macam menu berbuka puasa ini berpusatkan di Halaman Parkir Eks Penjara Depan Gedung Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekayu, Senin (4/4/2022).

Disdagperin Muba Azizah S, Sos, MT mengatakan Bupati Muba yang dihormati, perkenankan dalam kesempatan ini menyampaikan laporan pelaksanaan pasar ramadhan atau pasar beduk, pada bulan ramadhan tahun ini Tahun 1443H untuk Kabupaten Musi Banyuasin sebagai berikut.

Lanjut Azizah, pertama yang menjadi dasar pemerintah adalah 1 dokumen anggaran pendapatan dan belanja daerah Disdagperin Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2022 Keputusan Bupati Musi Banyuasin Nomor 812/kpps/bpkad 2021 tentang penetapan (KPA) dan Bendahara serta Pengelola Anggaran di Disdagperin Kabupaten Musi Banyuasin.
"Kemudian keputusan kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin tentang penetapan pejabat pelaksana tekhnis kegiatan," paparnya dalam laporan tersebut.

Masih Azizah, Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagaimana diketahui pasca pandemi dan mudah-mudahan pandemi ini sudah berakhir. Terlebih lagi sudah 2 tahun kegiatan ini tidak dilaksanakan setelah adanya Pandemi Covid-19.
"Tahun ini alhamdulillah kita bisa melaksanakannya dan kami laporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan didua lokasi untuk Kabupaten Musi Banyuasin, yaitu di Kecamatan Sekayu dilaksanakan di Halaman Parkir depan gedung Dharma wanita Persatuan (DWP) kemudian satu lagi kita melaksanakan di Kecamatan Sungai Lilin yang berlokasi di Halaman Masjid Raya Darusalam Kecamatan Sungai Lilin, dan kemarin sudah dibuka oleh camat diwakili oleh camat beserta forkopimcam setempat," tambah Azizah

Lanjut Azizah, tujuan kegiatan ini adalah, pertama pemerintah ingin membantu masyarakat khususnya masyarakat muslim yang ingin mendapatkan asupan makanan yang sehat dan baik serta fress khusus di Kota sekayu dan sekitarnya, dan kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih 25 hari penuh dengan peserta sekitar 60 (UKM) yang ikut berdagang disini. Adapun jenis jenis dagangan bermacam- macam, mulai dari lauk pauk kemudian untuk menu berbuka maupun makan ringan minuman dan lain sebagainya.

Dikatakannya, pelaksanaannya dilaksanakan selama 25 hari kurang lebih, dan juga berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan kebutuhan pangannya, terutama bapak dan ibu yang tidak sempat masak dan lain sebagainya, bagi bapak-bapak juga yang mungkin disini bujangan bisa mendapatkan dengan mudah dilokasi ini.
"Kenapa kami menyediakan tempat disini Ibu Susy, memang kemarin disarankan didekat (PJS), tetapi pertimbangan, satu lokasi, kedua kita mencoba untuk meratakan masyarakat yang mungkin dari arah sebelah ulu itu lebih mudah untuk mengaksesnya," tutup Azizah

Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Muba Beni Hernedi diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH, MH mengatakan permohonan maaf dari pak PLT Bupati, seyogyanya beliau yang membuka acara ini, namun ada keperluan yang sudah teragenda maka ini diwakilkan kepadanya sebagai Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan. Izinkan bapak dan ibu sekalian membacakan sambutan dari PLT Bupati Musi Banyuasin.

Lanjut,  H Yudi Herzandi SH, MH salam sejahtera bagi kita semua, yang saya hormati forum kordinasi pimpin daerah Kabupaten Musi Banyuasin, ada dari kejaksaan negeri sekayu, ada dari dandim, ada juga dari pengadilan negeri sekayu, dan juga dari kantor kemenag. Yang saya hormati staff ahli dinas kantor dan badan bagian dalam jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin, Ketua DWP Kabupaten Musi Banyuasin, organisasi wanita dalam Kabupaten Musi Banyuasin, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda Kecamatan Sekayu dan para pedagang pasar beduk.
"Dalam rangka pembukaan pasar beduk 1443H Tahun 2022 di Kecamatan Sekayu, Penyelengaraan kegiatan pasar ramadhan 1443H Tahun 2022 ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan dan sekaligus memberikan peluang kepada masyarakat, untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat muslim di Kota Sekayu dan sekitarnya yang tengah menjalankan ibadah puasa," imbuh dia.

Lanjut H Yudi lagi, dalam memenuhi kebutuhan makanan siap saji guna keperluan ibadah, disamping itu memberikan kemudahan bagi masyarakat muslim Kota Sekayu dan sekitarnya untuk mendapatkan kebutuhan selama menjalankan ibadah bulan puasa ini, kegiatan pasar ramadhan atau beduk ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para pedagang, pedagang makanan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sehingga memperoleh penghasilan tambahan. Dengan demikian kegiatan pelaksanaan pasar ramadhan ini mudahan dapat memberikan manfaat dunia dan akhirat.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian setiap tahun memang menyelenggarakan kegiatan pasar ramadhan ini, selain membantu masyarakat untuk memperoleh kemudahan bagi kebutuhan dibulan suci ramadhan, juga diharapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui usaha ekonomi kerakyatan untuk mewujudkan Muba Maju Berjaya.
"Kami menghimbau kepada para pedagang di pasar ramadhan atau pasar beduk ini untuk senantiasa menjaga kualitas dagangannya, baik menyangkut kebersihan, keamanan penggunaan bahan yang  digunakan, jangan menjual jenis makanan yang sudah kadaluarsa atau basi, yang mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, dan lain-lain. Usahakan bahan yang dijual dalam kondisi yang masih segar, panas dan layak untuk dikonsumsi," pesan pria tersebut. (Pijai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here